Berikut Ini 7 Objek Wisata Pulau Sumba Yang Seru Banget

Pulau Sumba mungkin belum masuk radar traveling kalian. Padahal tidak sedikit tempat wisata di Sumba yang bikin kamu lupa sama keindahan Bali serta Lombok. Terlebih saat ini Sumba adalah destinasi anti mainstream yang belum tidak sedikit dikunjugi oleh traveler dadakan.

Infrastruktur wisata di Sumba terbukti tidak selengkap Bali alias Yogyakarta. Tetapi, inilah saatnya kamu merasakan keindahan orisinil Sumba sebelum menjadi destinasi yang bakal ramai dikunjungi traveler dari dalam negeri maupun luar negeri.

1. Patung Kuda Kota Waikabubak
patung_kuda_kota_waikabubak

Patung Kuda di Kota Waikabubak berada di persimpangan Jalan Bhayangkara. Lokasi patung kuda yang dinaiki seorang pendekar ini adalah salah satu tempat wisata kuliner saat malam hari. Pendekar tersebut adalah seorang ksatria Pasola yang mengangkat senjata tombak. Tempat wisata di Sumba bukan hanya wisata alam juga loh.

2. Pantai Londa Lima
pantai_londa_lima

Salah satu pantai yang lumayan dekat dari kota Waingapu adalah pantai Londa Lima. Pantai ini mempunyai karakter yang tidak jauh tidak sama dengan pantai di Sumba lainnya. Pasirnya putih, airnya jernih serta mempunyai pantai yang landai. Tidak heran apabila pantai terdekat dengan kota ini rutin menjadi tempat wisata liburan bagi keluarga pada saat akhir pekan.

3. Pantai Nihiwatu
pantai_nihiwatu

Nihiwatu beach disebut-sebut sebagai salah satu pantai paling baik di Asia. Pasalnya keindahan pantai ini kerap disandingkan dengan pantai Hawaii. Pasirnya bersih, air lautnya jernih dengan lanskap landai hingga dikelilingi bukit-bukit yang menghijau. Tempat wisata di Sumba yang satu ini emang paling populer hingga ke luar negeri.

Uniknya di beberapa bibir pantai tersedia batu-batu besar yang menjadi salah satu aksesoris alami. Apalagi saat ini telah ada Resort standar Internasional yang dapat memanjakan kamu saat berlibur di Pantai Nihiwatu. Tidak hanya surga bagi para peselancar, Nihiwatu beach juga tepat untuk olahraga air lainnya semacam diving serta snorkeling.

4. Kampung Tarung
kampung_tarung

Salah satu kampung budaya di tengah kota yang tetap dipertahankan orisinanitasnya adalah Kampung Tarung di Kota Waikabubak. Pemimpin budaya di Kampung Tarung disebut dengan Rato. Warga Kampung Tarung memeluk kepercayaan Merapu.

Rumah budaya tetap kokoh berdiri meskipun hanya mempercayakan pasak serta paku besi. Bentuknya sederhana serta mempunyai atap tinggi dibalut dengan jerami. Tahap atap dipakai untuk menyimpan gabah serta bahan pangan, sementara penghuni tinggal di tahap tengah, serta umumnya tahap bawah rumah dipakai untuk ternak serta fauna peliharaan.

5. Puru Kambera
puru_kambera

Puru Kambera semacam padang savana Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Warga di Puru Kambera berternak fauna dengan tutorial dilepaskan ke alam liar. Tidak heran apabila kamu bakal menemui beberapa macam fauna ternak di jalan mulai dari sapi, kambing hingga babi.

Salah satu yang unik di Puru Kambera yaitu kehadiran pohon Bila. Buahnya adalah salah satu favorit para sapi yang kehausan. Alamnya tetap alamiah serta sedikit gersang. Tetapi suasananya sangatlah tenang hingga dapat mendengar deru ombak yang menerjang bibir pantai yang landai.

6. Pantai Walakiri
pantai_walakiri

Pantai Walakiri populer dengan pasir putih serta pantainya yang landai. Bahkan saat air laut surut kamu dapat berlangsung-jalan hingga menuju pepohonan bakau serta bibir pantai. Salah satu aktifitas yang dapat diperbuat tidak hanya berjemur, kamu juga dapat berenang serta bersantai di tepi pantai sambil menikmati es kelapa muda.

Tempat wisata di Sumba yang satu ini terbukti sangat unik. Lihat saja saat air lautnya surut. Kamu malah dapat hingga jalan-jalan hingga bibir pantainya. Barangkali ada sarang kepiting alias sarang nyale yang dapat kamu oleh menjadi kuliner laut khas Sumba yang nikmat.

7. Danau Weekuri
danau_weekuri

Inilah salah satu tempat wisata di Sumba yang paling diungulkan. Sertaau Weekuri boleh sehingga adalah sertaau air payau satu-satunya di Indonesia. Sertaau yang mempunyai air bening berwarna kehijauan ini berada di kawasan Kodi Utara. Sertaau air payau ini sangat indah sebab dikelilingi batu karang. Air payau dipercaya keluar dari sela-sela batu karang yang berbatasan langsung dengan laut.

Kapan lagi dapat merasakan sertaau air payau di Pulau Sumba. Ada tidak sedikit tempat wisata di Sumba yang bakal bikin kamu melupakan sejenak pesona keindahan tempat wisata di Bali serta Lombok.

sumber: http://blog.reservasi.com/tempat-wisata-menarik-di-sumba/