Kekurangan dan Kelebihan Software HRIS Indonesia Bagi Perusahaan

hris software indonesia

HRIS Software Indonesia merupakan sebuah software yang dimana bertugas untuk membantu tugas dari Human Resource Development (HRD) dalam hal system informasi sumber daya manusia. Sebenarnya HRIS Software Indonesia tidak hanya bisa digunakan oleh HRD saja. Siapapun dapat menggunakan software ini untuk mempermudah urusan pengelolaan sumber daya manusia. Organisasi dan komunitas juga sangat memungkinkan untuk menggunakan software ini. Namun karena lingkup perusahaan lebih besar dan luas, maka penggunaan dari software HRIS ini lebih popular di kalangan pekerja pada suatu perusahaan. Perusahaan memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak dan bahkan mencapai ribuan. Bayangkan saja bagaimana repotnya seorang HRD dalam mengurus data administrasi setiap karyawan perusahaan tersebut. Disisi HRIS Software Indonesia terlihat begitu membantu orang-orang pada bagian Human Resouce Development, ternyata HRIS Software Indonesia juga memeiliki sisi kekurangan yang juga perlu diketahui. Berikut ini adalah ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari Software HRIS Indonesia bagi perusahaan.

Kelebihan
1. HRD dapat lebih berkonsentrasi dalam hal pengambilan keputusan mengenai sumber daya manusi pada suatu perusahaan dibandingkan mengurus administrasi yang cukup rumit. Karena tugas sebenarnya dari HRD adalah mengurus orang-orang yang hendak bekerja di perusahaan. Namun Karena kurangnya perhatian terhadap pemecahan divisi, maka tak jarang perusahaan yang merangkapkan tugas administrasi kepada HRD

2. Data yang tesimpan lebih rapi dan terorganisir. Melihat fungsi dari software HRIS Indonesia yaitu untuk mempermudah proses human resource di suatu perusahaan membuat software HRIS menjadi jalan keluar bagi suatu perusahaan dalam mengurus data administrasi yang berhubungan dengan sumber daya manusianya. Pada Software HRIS, para karyawan mampu melakukan editing pada personal information. Misal, seorang karyawan baru saja menikah dan ingin mengganti status informasinya pada data yang disimpan oleh perusahaan, maka si karyawan tersebut tidak perlu lagi harus mengurus dokumen-dokumen rumit ke HRD. Cukup mengeditnya melalui software HRIS dan melaporkan kepada HRD, status informasinya telah berhasil diganti. Kemudahan-kemudahan seperti ini cukup membantu karyawan untuk lebih mandiri dan tetap memiliki privasi atas data yang mereka miliki.

Kekurangan
1. Modal yang cukup besar di awal pemasangan. Hal ini sebenarnya lumrah untuk suatu software besar yang digunakan untuk menyimpan data begitu banyak. Namun tetaplah harga yang tinggi menjadi kendala beberapa pihak yang ingin menggunakan software HRIS di organisasi atau perusahaan mereka. Selain biaya yang cukup banyak di awal, biaya maintain per bulan juga diperlukan. Tapi tenang saja karena biaya bulanan jauh lebih murah.

2. Menggantungkan listrik. Teknologi memang memiliki kekurangan dan kelebihanya masing-masing. Karena berbasis computer, mau tidak mau semua data yang telah diinput perlu menggunakan computer dan listrik. Ketika tidak ada listrik, proses data tidak akan berjalan.

Jangan sampai salah pilih HRIS Software Indonesia . LinovHR merupakan software hris Indonesia yang berbasis cloud dan telah terbukti memiliki kualitas yang baik untuk meorganisir semua hal berkaitan dengan sumber daya manusia.