5 Rekomendasi Apparel Helm Full Face dari Honda

Helm merupakan salah satu apparel wajib yang harus dibawa saat mengendarai motor. Aturan penggunaan helm tertuang di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Ayat 1 dari Undang-Undang itu menjelaskan bahwa, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi perlengkapan kendaraan bermotor. Kemudian, diperjelas lagi di ayat 2, perlengkapan yang digunakan harus helm berstandar SNI.

Saat ini fungsi helm tidak hanya sebagai pelindung kepala saja, tetapi sudah menjadi gaya hidup untuk menunjang penampilan. Produsen saling berkompetisi untuk menghadirkan produk helm apparel yang sesuai dengan karakter pengendara motor.

Ada banyak tipe dan model helm yang beredar di pasaran, antara lain: helm full face, half face, modular, open face, off road, dan supermoto. Namun, yang akan kita bahas hanya satu jenis helm saja.

 Apa Itu Helm Full Face?
Apparel satu ini mampu memberikan perlindungan untuk seluruh area kepala, mulai dari bagian belakang, wajah, dan dagu. Memberikan proteksi menyeluruh dan bisa meredam benturan, sehingga kepala terlindungi dari hujan, angin, panas, dan debu di jalan.

Bisa digunakan untuk semua jenis motor, bahkan sering dipakai saat ajang balap motor. Ada unsur penting yang harus ada, yakni kaca atau visor sehingga standar keselamatan dari helm itu terpenuhi.

Helm full face bisa diandalkan saat berkendara dengan jarak jauh maupun kecepatan tinggi. Karena dapat melindungi wajah dari terpaan angin dan menjaga konsentrasi para pengendara. 

Keuntungan lain dari penggunaan helm full face adalah aman di segala cuaca, termasuk untuk negara yang memiliki 4 musim. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa hampir 60% kecelakaan motor yang terjadi akan mengenai daerah dahi hingga ke atas kepala. Pemakaian helm full face akan mengurangi risiko fatal dari peristiwa kecelakaan itu.  

Bagaimana Cara Memilih Helm Full Face yang Tepat?
Agar fungsi pelindung dari helm full face maksimal, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal agar tidak salah beli. Banyak sekali helm apparel full face yang dikeluarkan oleh merek terkenal dan dijual dengan harga sampai jutaan rupiah.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis apparel yang digunakan. Lapisan luar helm umumnya terbuat dari bahan polycarbonate, didesain tidak mudah pecah saat mengalami benturan.

Kemudian, lapisan dalam yang tebal terbuat dari bahan polystyrene atau styrofoam. Lapisan ini sama pentingnya dengan lapisan luar, memberikan bantalan untuk menahan goncangan saat terbentur.

Lalu, lapisan dalam yang lunak terbuat dari bahan apparel berkualitas baik dan tidak panas. Teksturnya halus dan tidak kasar, pilihlah yang mudah dibersihkan dengan sistem lepas pasang. 

Agar memudahkan saat mengganti jika lapisan tersebut rusak. Kelembaban helm tetap harus terjaga untuk mencegah bakteri dan kuman bersarang.

Bersihkan helm full face Anda secara rutin agar tetap nyaman saat dikenakan. Pertimbangan berikutnya, yakni bobot dari helm yang akan dibeli.

Bobot ideal dari helm full face berkisar di angka 1,2 hingga 1,5 kg. Jika melebihi dari berat itu, maka tidak disarankan karena akan berbahaya untuk saraf leher terutama kepala bagian atas. 

Helm yang terlalu berat juga akan mengurangi kenyaman saat memakainya. Model helm ringan tetapi kuat lebih disarankan untuk mengurangi risiko kesakitan di saraf leher.

Pertimbangan terakhir agar memperhatikan kelengkapan dari fitur helm, antara lain ventilasi udara yang adjustable. Sehingga bisa dibuka tutup saat cuaca panas maupun hujan.

Visor atau kaca sebagai pelindung wajah, warna gelap lebih memberikan kenyamanan saat berkendara di siang hari.

5 Rekomendasi Helm Full Face dari Honda
Ada 5 jenis helm full face yang direkomendasikan untuk kenyamanan saat mengendarai motor kesayangan Anda. Mengusung konsep sport touring produk Xplorer Touring Helmet terbuat dari bahan plastik ABS high impact. 

Spesifikasi yang dimiliki antara lain, clear visor, anti UV glass, washable inner pad, dan SNI certified. Produk ini pertama kali dirilis tahun 2019 dan cocok digunakan untuk motor Honda ADV 150.

Yang kedua, helm apparel Camo Touring Helmet yang dirilis bersamaan dengan diluncurkannya motor Honda CBX150X. Hampir sama dengan Xplorer Touring Helmet yang berbasis helm KYT Enduro dengan gaya petualangan.

Hanya saja desain, corak, dan warnanya berbeda. Warna hitam dari Camo Touring Helmet ini memberikan kesan gagah saat memakainya. 

CBR Black Helmet juga menggunakan material plastik ABS high impact, inner pad bisa memakai sistem lepas pasang. Hanya tersedia satu warna, yakni hitam doff dan tersedia ukuran M hingga XL.

Berikutnya, helmet full face TRX-R CBR mempunyai kaca single visor bening dengan beberapa ventilasi udara. Dua lapisan busa yang dipakai bisa menahan benturan dan busa bagian dagu yang sudah menempel permanen.

Helmet Honda full KYT One Heart Black Matte edition dilengkapi double visor dan air pump system. Terbuat dari material thermoplastic composite dan ada lock visor agar tidak mudah terbuka.

Apapun pilihan helm Anda sesuaikan dengan kebutuhan saat mengendarai motor. Pastikan kenyamanan dan keamanan yang paling utama saat memutuskan untuk membeli semua apparel, termasuk jenis helm.