5 Makanan Khas Kota Banjaran

Kota banjaran masih termasuk salah satu dari kota yang ada di jawa barat, dan yang pasti kota banjaran pun memiiki sebuah makanan khas daerahnya. karena itu mungkin beberapanya dari resep masakan rumahan khas Banjaran yang bisa kaian Coba.


1. Borondong 
Borondong merupakan popcorn nya Indonesia punya tapi dari beberapa borondong yang ada di kota ini mungkin yang sedikit berbeda pasalnya jika kita memakan langsung dari asal kota nya akan terasa berbeda dengan borong di daerah lain nya. Mulai dari perbentukan yang berbeda beda yang sering menjadi pembeda setap daerah nya borondong di sini hanya berbentuk bulat,kootak dan segitiga dan memiiki rasa yang sangat manis.

2. Kalua jeruk 
Kaua jeruk merupakan jenis kuliner makanan, dan yang unik dari makanan ini, bukannya buah jeruknya yang di gunakan tapi kuit jeruknya yang digunakan. Pembuatan Kalua Jeruk sebenarnya cukup mudah karna cukup kulit jeruk yang di potong-potong akan direndam semalaman di sdalam air kapur sirih, bertujuan untuk menghilangkan rasa asam dari kulit jeruk, setelah direndam lalu dibersihkan dengan air bersih dan kulit jeruk direbus air mendidih setelah proses tadi di lakukan kulit jeruk dicamur dengan gula merah, atau putih. Sekarang sudah tersedia berbagai macam rasa untuk kalian coba sesuai kainginan kalian sendiri.

3. Opak 
Opak merupakan salah satu makanan khusunya di cemilan yang bisa anda temukan di berbagai daerah Khusus nya jawa barat opak tersebar luas di jawa barat. Opak di Banjaran sedikit berbeda pasalnya opak yang disini sedikit agak lebar dan pipih karena pembedanya itu menjadi keunikannya sendiri. Oleh karena itu apa salahnya kalian mencoba opak yang satu ini dan opak juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang yang dirumah jadi tidak ada salahnya kalian borong opak yang dijual disini, opak juga terbuat dari beras ketan ang di tumbuk sehingga menyerupai kerupuk, rasa gurih dan renyah akan ada pada sebuah opak jika sudah matang jadi silahkan adan coba sendiri.

4. Rujak Cirehang 
Rujak Cirehang lain tidak lain merupakan kuliner rujak buah seperti biasanya yang menjadi pembeda dari rujak lainya adanya aroma buah honje atau kecombrang pada bumbu yang digunakan sebagai pelengkap dari kuliner rujak, rujak disajikan dengan berbagai buah-buahan segar seperti manga muda, kedondong, Bengkuang, nanas, jambu air, dan ubi merah, setalah di iris iris buah kemudian ditaburi bumbu pedas yang terbuat dengan Gula merah, garam, cabai, dan tentu honje sebagai pembeda. Dan siap disantap jadi jika kalian sedang berlibur carilah rujak Ciherang jika ada di Banjaran sempatkan untuk membelinya dan bisa membuat anda segar kembali.

5. Dodol Susu 
Dodol susu merupakan jenis makanan atau sebuah cemilan yang terbuat dari susu sapi, tidak ada bedanya dengan permen yang terbuat dari susu karena itu dodol susu ini juga sering dijadikan oleh-oleh. Mungkin bentuk, tekstur, rasa nya yang berbeda dari dodol, dodol lainya sebenarna tidak hanya dodol saja yang terbuat dari susu ada juga permen susu, Kerupuk susu pun ada dibuat disini. Jadi bagi kialan yang ingin beli kalian tidak usah mencari dengan susah payah karena sudah ada di tempat jualan oleh-oleh karena silakan beli dan rasakan keunikan dodol susu ini dan tidak ada ruginya untuk kalian mencoba nya.