7 Destinasi Wisata Pulau Lombok Yang Rugi Jika Tidak Dikunjungi

Lombok adalah pilihan destinasi wisata terkenal di Indonesia Tengah, tepat untuk yang ingin mencari tempat wisata seindah Bali, tetapi relatif lebih sepi. Tidak hanya mempunyai pemandangan indah, Lombok juga memperkenalkan wisata pantai, budaya, sejarah, sampai kuliner.

Mau tau apa saja tempat wisata di Lombok yang paling oke? Berikut daftar ulasan 7 tempat wisata yang paling direkomendasikan di pulau indah ini.

1. Bukit Pergasingan

bukit_pergasingan

Berlokasi di area Sembalun, Lombok Timur, Bukit Pergasingan adalah lokasi terkenal untuk menikmati pemandangan dari ketinggian tanpa wajib melalui pendakian berat semacam di Gunung Rinjani. Bukit Pergasingan memperkenalkan panorama hutan, persawahan, pedesaan, dan Gunung Rinjani di kejauhan. Pengunjung yang hendak mendaki Gunung Rinjani untuk pertama kalinya tak jarang berlatih dulu di bukit ini.

Bukit Pergasingan memperkenalkan titik sempurna untuk memandang matahari terbit dan terbenam. Ada juga beberapa fasilitas untuk petualangan, semacam umpama paralayang dan sepeda gunung. Tempat wisata di Lombok ini juga tepat untuk berkemah. Apabila Gunung Rinjani sedang tak buka, umpama sebab aktivitas volkanik, pendaki yang “gatal” ingin mendaki kerap menjajal bukit ini sebagai gantinya.

Sebab tak ada kendaraan umum yang menuju ke area perbukitan, pelancong disarankan menyewa kendaraan. Penduduk di kurang lebih kaki bukit juga tak sedikit yang menyewakan mobil dan sepeda motor, jadi mempermudah pelancong untuk mencapai titik pendakian. Fasilitas terkait wisata Bukit Pergasingan dikelola oleh komunitas setempat yang bernama Sembalun Development Community Centre.

2. Gunung Rinjani

gunung_rinjani

Gunung Rinjani adalah puncak paling atas ketiga di antara Tujuh Puncak Paling atas (Seven Summits) di Indonesia, dan adalah taman nasional. Gunung ini terkenal sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, Juli, dan Agustus. Ada tak sedikit faktor yang bisa dilihat di tempat wisata di Lombok yang satu ini meski Anda tak mendaki sampai puncak.

Danau Segara Anak adalah salah satu panorama terkenal di Rinjani. Area kurang lebih danau ini datar dan tepat untuk memancing alias berkemah. Danau Segara Anak juga dikelilingi beberapa gua yang bisa dijelajahi, semacam Gua Susu, Manik, dan Payung. Ada juga kolam air panas alamiah yang letaknya sedikit di bawah area danau. Tidak hanya bisa untuk berendam, kolam air panas ini juga kerap dipakai penduduk setempat untuk ritual.

Gunung Rinjani juga mempunyai beberapa air terjun, yang mana sebagian besar berlokasi di kaki gunung. Tersedia setidaknya 20 air terjun di kaki gunung ini, lengkap dengan kolam sejuk di bawahnya. Ada juga padang rumput berbukit yang unik di Desa Sembalun Lawang, yang juga adalah titik awal jalur pendakian.

3. Pantai Tangsi

pantai_tangsi

Pantai Tangsi adalah pantai di Lombok Timur yang mempunyai keunikan berupa pasir warna merah muda, jadi tak jarang juga disebut Pantai Pink. Pelancong bisa menemukan tempat wisata di Lombok ini dengan berkendara sejauh 2 kilometer dari Mataram, sampai menemukan papan penunjuk jalan bertuliskan “Pantai Pink 50m”. Ada juga kapal sewaan dari Pelabuhan Tanjung Luar yang menuju area tempat pantai ini berada.

Pantai Tangsi paling tepat dikunjungi antara pukul 08:00 sampai 16:00, sebab sinar mataharinya lumayan terang untuk memantulkan warna merah muda pada pasir. Pastikan untuk datang saat musim kemarau, supaya bias warna merah muda yang timbul terkesan maksimal. Pelancong disarankan mengangkat bekal dan pulang sebelum senja, sebab tak ada penginapan, warung, alias fasilitas turis lain di kurang lebih pantai.

4. Pantai Bangko-Bangko

pantai_bangko_bangko

Peselancar pakar yang tak puas dengan Pantai Kuta alias Selong Belanak bisa memilih Bangko-Bangko. Dikenal juga dengan nama Desert Point, Pantai Bangko-Bangko mempunyai ombak besar dan area berbatu tajam yang lumayan menantang bagi peselancar ahli. Pantai ini berlokasi di barat daya Lombok, di area yang agak terpencil, jadi keadaannya tetap lumayan asri.

Pelancong bisa mencapai Pantai Bangko-Bangko dengan menyewa perahu dari Pelabuhan Lembar. Anda tetap wajib menyewa mobil alias ojek untuk mencapai area pantai. Meski tak mempunyai tak sedikit fasilitas, penduduk setempat menyewakan pondok-pondok penginapan terjangkau di kurang lebih area pantai.

5. Pantai Tanjung Aan

pantai_tanjung_aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi lumayan dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, jadi bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Tempat wisata di Lombok ini juga bersih dan memperkenalkan ombak lembut, tetapi karakteristik pasirnya lebih mirip butiran merica. Tersedia beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, tetapi dengan cara keseluruhan, pantai ini lumayan ramah pengunjung dan tepat untuk peselancar pemula.

Pantai Tanjung Aan adalah tempat wisata di Lombok yang tepat untuk dijadikan tempat snorkeling. Penduduk setempat tak sedikit yang menyewakan perlengkapan snorkeling, alias membuka warung makan sederhana. Anda juga bisa membeli kelapa muda, dan duduk di bangku-bangku sederhana yang disediakan. Di bulan Februari dan Maret, tempat wisata di Lombok ini kerap menjadi salah satu lokasi Festival Aroma Nyale, tidak hanya Pantai Kuta dan kurang lebihnya.

Pantai Tanjung Aan hanya berjarak kurang lebih 3 kilometer dari Pantai Kuta. Tersedia kendaraan umum yang melalui Pantai Tanjung Aan, tetapi apabila tak ingin menghabiskan tak sedikit waktu, pelancong disarankan untuk menyewa motor alias mobil.

6. Pantai Selong Belanak

pantai_selong_belanak

Pantai Selong Belanak berada dalam jalur yang sama dengan Pantai Kuta, jadi tepat dijadikan tujuan wisata pantai berantai. Tempat wisata di Lombok yang satu ini mempunyai pasir putih lembut dan air biru, dan tetap relatif sepi meski telah mempunyai fasilitas standar. Pantai ini mempunyai ombak yang tepat untuk berselancar, tetapi tak terlalu besar, jadi lebih tepat untuk pemula.

Kegiatan yang direkomendasikan di Pantai Selong Belanak antara lain adalah berselancar, berenang, berjemur, menonton matahari terbenam, dan snorkeling. Tak ada anggaran masuk ke pantai ini, tetapi pengunjung yang mengangkat kendaraan wajib bayar sewa parkir sebesar Rp3.000.

Pantai Selong Belanak berjarak kurang lebih 30 menit berkendara dari Pantai Kuta. Jalan menuju pantai ini kini mempunyai kondisi keren. Tersedia beberapa warung makan terjangkau di kurang lebih pantai, jadi pengunjung bisa makan dengan anggaran terjangkau.

7. Pantai Kuta (Lombok)

pantai_kuta

Pantai Kuta di Lombok tak sama dengan Pantai Kuta di Bali, sebab relatif tetap bersih dan lebih sepi. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai indah ini kerap menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok. Pantai ini memperkenalkan pasir lembut, ombak yang tepat untuk belajar berselancar, dan pemandangan bawah laut yang indah.

Kegiatan yang direkomendasikan di Pantai Kuta antara lain adalah snorkeling, berselancar (untuk pemula sampai tingkat menengah), menyewa perahu, berenang, dan menonton matahari terbenam. Tempat wisata di Lombok ini dikelilingi fasilitas yang lumayan lengkap, semacam umpama homestay, tempat penyewaan papan selancar dan perlengkapan snorkeling, sampai warung makan.

Pengunjung sebaiknya datang antara pukul 09:00 dan 15:00 untuk menikmati suasana dan ombak yang optimal. Apabila ingin menonton matahari terbenam, datanglah kurang lebih pukul 16:00 alias 17:00 untuk menikmati suasana sore di Pantai Kuta.

sumber: http://anekatempatwisata.com/tempat-wisata-di-lombok/#