Kebutuhan Dasar Nutrisi yang Dibutuhkan Bagi Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, kesehatan Anda sebagai seorang ibu merupakan bagian yang penting untuk dijaga. Status kesehatan Anda akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi. Anda membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk dapat memenuhinya. Berikut ini kebutuhan dasar nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu hamil agar bayi lahir dengan normal. 

nutrisi bagi ibu hamil

1. Vitamin dan Mineral
Pada usia kehamilan 2 minggu sampai 8 minggu Anda membutuhkan suplementasi vitamin dan mineral. Vitamin yang dibutuhkan yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, riboflafin, dan asam folat agar bayi Anda tidak mengalami cacat bawaan.

Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dengan mengonsumsi sayur-sayuran segar dan juga buah-buahan. Asam folat bisa Anda dapatkan pada kandungan yang ada pada susu. Anda bisa mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang bisa Anda beli di JGOS 2018 dengan harga sale yang menarik. 

2. Kalori dan Protein
Pada usia kehamilan 8 minggu sampai bayi dilahirkan Anda membutuhkan suplementasi nutrisi yang utama yaitu kalori dan protein. Fungsinya dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan dan persiapan persalinan secara normal. 

Anda bisa mengonsumsi protein dari ikan-ikan yang segar atau pun dari protein nabati seperti tahu dan tempe. Saat masa kehamilan jumlah protein yang dibutuhkan sekitar 9,8 gram/kg per harinya. Pastikan kebutuhan kalori yang Anda konsumsi setiap hari dapat memenuhi kebutuhan Anda dan bayi. Jika tidak akan membuat risiko pada bayi Anda. 

3. Zat Besi
Zat besi sebagai nutrisi Anda butuhkan selama kehamilan minimal 90 hari dan itu sebaiknya di masa usia kehamilan 6 bulan. Usia ini janin di dalam kandungan membutuhkan zat besi untuk membentukkan tulangnya. Anda bisa mendapatkan zat besi dari susu khusus ibu hamil.

Bisa juga mendapatkannya dari sayur bayam, tomat, daging, kacang merah, kentang, dan juga nasi putih. Kekurangan zat besi akan memberikan dampak pada kondisi tulang bayi Anda yang akan terlihat saat bayi telah dilahirkan. 

4. Folat Acid
Nutrisi ini merupakan koenzim dan sintesa DNA yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan nutrisi ini akan menyebabkan Anda mengalami anemia yang jelas akan mempengaruhi kondisi kandungan.  Selain itu kekurangan nutrisi ini juga akan mempengaruhi plasenta dapat menyebabkan abortus spontan dan juga preklamsi. 

Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari telur, pisang, dan jeruk. Nutrisi folat acid juga terdapat pada kandungan susu ibu hamil yang dapat Anda konsumsi dengan mudah selama masa kehamilan. Konsumsi susu sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. 

Anda harus memastikan kebutuhan nutrisi ini dapat terpenuhi sekalipun dalam kondisi tidak nafsu. Seperti pada bulan-bulan pertama Anda akan mengalami muntah dan tidak nafsu makan. Anda bisa membantu kebutuhan tubuh dengan membeli susu khusus ibu hamil yang tersedia juga di orami.com. Toko perlengkapan ibu dan bayi yang kualitasnya terpercaya. 
loading...