Bedah Informasi Seputar Logo PAFI, Kenapa Lambangnya Ular?

Pada website https://pafikapuashulu.org/ Anda bisa menemukan beberapa hal seputar Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, termasuk logonya yang mengusung gaya tersendiri. Lembaga yang berpangku dalam bidang farmasi ini sendiri sangat bagus dari segi keanggotaan dan koordinasi karena sudah ada di seluruh Indonesia, sehingga websitenya juga bisa diakses sama mudahnya.

Logo PAFI Secara Umum
Secara umum, logo persatuan farmasi memang sudah sangat terkenal dengan gambar ularnya. Gambar lain yang bisa dilihat pada logo dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini adalah gambar gelas berukuran besar yang di bagian bawahnya sangat ramping, mirip gelas cantik. Sebagai bentuk khas, tentu saja tubuh ular dibentuk melingkari wadah tersebut.

Makna Ular pada Logo PAFI Apakah Ada Hubungannya dengan Farmasi?

Sebagian orang pasti heran, mengapa lembaga atau komunitas kesehatan disangkut-pautkan dengan hewan berbisa? Apalagi, sudah banyak sekali yang melabeli ular sebagai pemangsa yang jahat dan sudah tentu menebar racun. Namun, ternyata, lambang ular yang bisa ditemukan di logo farmasi didapat dari filosofi yang sangat bagus.

Di sini, ular dilambangkan sebagai hewan yang memang memiliki racun, namun dengan kemampuan olah obat dari ahli farmasi, maka sudah tentu racun bisa diubah sebagai obat yang sangat mutakhir untuk banyak penyakit. Anda sendiri pasti tahu bahwa yang namanya obat, memang untuk menyembuhkan, namun sumbernya bisa dari apa saja termasuk yang awalnya dari racun.

Lambang Gelas Pada Logo PAFI
Untuk orang yang menggeluti bidang apoteker atau farmasi yang berhubungan dengan obat-obatan, pasti sudah tidak heran dengan lambang bowl of hygeia yang menjadi simbol internasional dimana-mana. Apalagi di Italia yang ada pada tahun 1222, simbol ini bahkan digunakan dimana-mana dari Australia, Eropa, Jerman, sampai Hungaria dan tentu saja Indonesia.

Tentu saja mangkuk atau gelas yang ada pada logo PAFI berhubungan dengan berbagai sejarah bahkan sampai sejarah Yunani, yang amna memang berhubungan dengan penambahan gambar ularnya tadi. Diyakini bahwa lambang mangkuk besar atau gelas ukuran raksasa yang dijaga oleh ular adalah 

lambang ramuan atau obat, sedangkan ular merepresentasikan sebagai penyembuhan karena racun sekalipun bisa dijadikan sebagai obat atau penawar. Maka, info seputar kesehatan bisa diakses di https://pafikapuashulu.org/ yang sudah pasti aman.