Apakah Kamu Tahu Fungsi Rambut dan Bulu Pada Tubuhmu?


Apa benar kalau rambut dan bulu memiliki fungsi pada tubuh manusia? Bukankah rambut hanya berfungsi ssebagai kecantikan saja? Pada nyatanya, tidak. Rambut dan bulu juga memiliki fungsi sama dengan semua organ tubuh pada manusia. Mata memiliki fungsi untuk melihat, otak untuk berpikir, hidung untuk bernafas, lalu bagaimana dengan rambut dan bulu? bagi yang belum merasakan fungsi rambut dan bulu pada tubuh manusia, mari dibaca berbagai fungsi rambut dan bulu pada manusia dibawah ini.

1. Menjaga Kepala
Kulit kepala merupakan bagian kulit yang sangat tipis dibandingkan dengan bagian kulit tubuhmu yang lain, oleh karena itu sentuhan ataupun suhu sekecil apapun akan sangat cepat di rasakan oleh kulit kepala. Dengan tumbuhnya rambut pada kepala, membuat rambut dapat mengatur dan menjaga suhu pada kulit kepala dengan teratur dan menjaga kulit kepala dari tersengatnya cahaya sinar matahari. Tapi ingat, anda juga bisa menggunakan produk penebal rambut jika ingin rambut yang tampak lebat sehingga lebih melindungi kepala.

2. Menjaga Mata
Bulu mata merupakan idaman pada wanita dalam soal kecantikan. Banyak yang berpikir semakin lentik bulu mata maka semakin cantik, padahal bulu mata memiliki potensi sangat besar lebih dari sekedar kecantikan saja. Bulu mata dapat menjaga mata dari tetesan air hujan maupun keringat, tidak hanya itu, bulu mata juga dapat menjaga dan menyaring pencahayaan pada mata untuk memudahkan mata melihat.

3. Menyaring Hidung
Bagi yang menganggap kalau bulu hidung itu jelek dan sering mencukurnya demi keindahan, ada baiknya untuk berpikir dua kali. Bulu hidung berfungsi sangat penting untuk menyaring aliran udara pernafasan kamu. Dengan bulu hidung kamu dapat menyaring udara masuk dan terhindar dari kotora, debu, bakteri, bahkan hingga jamur masuk ke hidung.

4. Melembabkan Ketiak
Kulit pada bagian ketiak juga memiliki respon sensitif yang hampir sama dengan kulit bagian kepala. Ditambah lagi bagian ketiak merupakan bagian yang paing sering mengeluarkan keringat. Tanpa adanya bulu ketiak akan membuat kekeringan pada kulit bagian ketiak yang menyebabkannya luka. Dan disitulah tugas bulu ketiak untuk melembabkan bagian ketiak.

5. Meningkatkan Sensor
Jika kamu sadari, bagian tubuh pada tangan dan kakimu juga memiliki bulu-bulu kecil yang halus di permukaan. Terkadang kamu melihat ada yang memiliki bulu yang lebat dan ada juga yang tidak, tapi itu semua tidak membedakan fungsi besar pada tubuh. Bulu pada tangan atau kaki meningkatkan sensor tubuh akan sentuhan bahkan sentuhan sekecil apapun sebelum menyentuh kulit secara langsung.

Dari berbagai fungsi diatas, bisa dibilang itu adalah fungsi umumnya rambut dan bulu dan tubuh manusia. Jika menurut kedokteran rambut juga memiliki fungsi untuk menunjukan indeksi dari kesehatan orang itu sendiri, jadi bagi kamu yang masih suka menganggap bahwa rambut hanyalah sekedar hiasan, ada baiknya kamu coba pikir ulang dan tetap menjaganya setiap saat misalnya dengan rajin mengoleskan rambut menggunakan bahan alami seperti minyak alami yang banyak dijual di toko online yang jual minyak argan hingga minyak pelembab seperti zaitun, dll.
loading...