Asam Lambung Naik, Mengapa?

Penyakit Asam lambung naik maupun biasa dapat dialami oleh siapa saja, baik itu orang dewasa dan anak-anak. Gejala penyakit asam lambung ini sering disetarakan dengan serangan jantung atau gejala jantung koroner. Pasalnya gejala yang terasa hampir mirip seperti nyeri dada.


Meskipun tidak separah terkena serangan jantung. Tetapi tetap saja penyakit asam lambung perlu penanganan lanjut supaya tidak terjadi komplikasi penyakit. Anda juga dapat mengkonsumsi domperidone untuk meredakan nyeri pada lambung, yang dapat dibeli melalui https://goapotik.com/promo/domperidone.

Gejala Asam Lambung Naik
Gejala pertama yang dirasakan saat asam lambung naik yakni timbul rasa seolah terbakar pada bagian dada (heartburn). Rasa terbakar ini dapat bertambah parah setelah mengkonsumsi makanan maupun berbaring. Umumnya disertai dengan gangguan pencernaan lain, misalnya sering bersendawa, mual-mual, dan muntah.

Penyebab 
Asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan atau refluks asam terjadi saat otot LES yang berada pada bagian bawah kerongkongan melemah. Otot tersebut secara normal akan berkontraksi sehingga menutup saluran menuju kerongkongan sehabis makanan turun menuju lambung.

Apabila otot LES ini melemah, posisi kerongkongan tetap terbuka dan membuat asam lambung naik kembali sampai ke kerongkongan. Sangat berbahaya apabila dialami oleh lansia, memiliki obesitas, dan terjadi pada wanita hamil.

Diagnosis
Serangan heartburn bagi penderitq asam lambung biasanya dialami minimwl 2 kali dalam satu minggu. Apabila anda berobat ke dokter lalu mengatakan keluhan ini, maka dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik dan rangkaian tes penunjang.

Adapun pemeriksaan yang akan dilakukan dokter diantaranya gastroskopi, rontgen, pemeriksaan pH kerongkongan, dan tes kekuatan otot pada kerongkongan (otot manometri).

Pengobatan 
Asam lambung diatasi dengan cara mengubah pola sehari-hari. Misalnya dengan menurunkan berat badan, menpertahankan posisi duduk beberapa saat setelah makan, dan tidak merokok. Dokter juga akan memberi obat-obatan khusus penyakit asam lambung.

Umumnya Oobat yang diberikan ini berfungsi agar bisa menetralkan kadar asam lambung. Selain itu, juga dapat menekan angka produksi asam lambung, dan mempercepat pengosongan ruang lambung. Apabila setelah dilakukan pengobatan dari dokter tetapi tidak kunjung sembuh, dokter akan merekomendasikan pasien untuk menjalani operasi.

Komplikasi Penyakit 
Dalam kondisi penanganan terhadap asam lambung naik dan tidak tuntas bisa menimbulkan komplikasi. Komplikasi ini berupa radang yang terjadi pada saluran kerongkongan (esofagus). Peradangan berbahaya karena berakibat luka sampai jaringan parut kerongkongan.

Penderitanya akan mengalami kesulitan saat menelan makanan. Pada tingkat kronis dapat mengakibatkan pengguna terjangkit esofagus barret atau nama lain dari kanker esofagus.

Sementara itu, jika anda terkena luka bakar dapat pula mengunjungi situs https://guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar.

loading...