Mengintip Makna di Balik Hiasan Dewa Dapur yang Dipasang Saat Imlek

Tahun baru China atau yang dikenal sebagai imlek merupakan sebuah perayaan yang sangat meriah dilakukan oleh masyarakat Tionghoa, tak hanya di negara asalnya saja, melainkan juga negara-negara lain, khususnya yang terdapat etnis Tionghoa ini. Sangat meriah disertai dengan berbagai macam tradisi unik, tak kalah pastinya dibandingkan dengan perayaan tahun baru masehi. Apalagi masyarakat Tionghoa ini juga senantiasa melengkapinya dengan menghias rumah, membuat beragam hidangan nikmat dan sejenisnya.


Sebenarnya tak sekedar hiasan atau ornamen saja, melainkan ada makna hiasan imlek. Itulah mengapa hampir semua orang nantinya akan memasang hiasan yang sama di rumah mereka pada saat imlek, mulai dari jenis sampai dengan warnanya. Salah satu yang mungkin akan Anda jumpai adalah hiasan dalam bentuk patung ataupun lukisan dari Dewa Dapur atau yang lebih dikenal sebagai Zao Jun. Hampir di semua dapur yang ada di rumah masyarakat Tionghoa ini pastinya akan disertai dengan ornamen tersebut.

Ternyata tidak sekedar digunakan sebagai hiasan, melainkan memang ada makna di balik penempatan lukisan ataupun juga patung Dewa Dapur ini, yaitu ia bertugas di dalam melindungi perapian dari keluarga yang memasangnya. Hiasan ini nantinya akan digantung di dapur, guna memberikan laporan terkait dengan kondisi rumah tangga selama satu tahun terakhir kepada langit. Setelah memasuki setahun atau tepatnya pada saat tahun baru nantinya hiasan ini akan dibakar ataupun dilempar keluar. Setelah itu nantinya akan diganti dengan patung atau lukisan dari Dewa Dapur yang baru untuk menjaga perapian selama setahun penuh.

Anda dapat menjumpai hiasan semacam ini dengan mudah di pasaran, begitu pula dengan ornamen-ornamen khas imlek yang lainnya. Perayaan imlek memang selalu disambut dengan meriah oleh masyarakat, bahkan di dalam negeri sendiri. mengingat cukup banyak diantara masyarakat Indonesia yang beretnis Tionghoa. Dapatkan artikel lain yang tidak kalah menarik seperti ini dengan mengunjungi blog EF Adults.