Berikut 3 Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang terlalu panjang atau sebaliknya ketika siklus menstruasi yang dialami terlalu pendek hal ini mungkin bisa jadi gejala menstruasi tidak lancar yang tentunya harus Anda waspadai. Memang pada dasarnya haid tidak lancar ini bisa terjadi pada siapa saja khususnya adalah kaum hawa.. apalagi pada beberapa orang yang kondisi hormonalnya berlangsung secara tidak seimbang atau tidak normal hingga faktor yang lainnya seperti stres.


Jangan sepelekan hal semacam ini karena sangat berpengaruh atau memiliki dampak pada kesuburan Anda nantinya. Sebenarnya ada banyak sekali diantara langkah atau cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar tersebut, diantaranya adalah:

  1. Seimbangkan kondisi hormonal tubuh, sistem hormonal yang tidak seimbang memang beresiko tinggi untuk memicu haid yang tidak teratur. Untuk itu dapat diseimbangkan dengan beberapa macam cara, seperti diantaranya adalah dengan mengelola stress secara tepat dan juga sebaiknya rutin berolahraga, karena efeknya memang sangat besar dalam mengatur kadar hormonal dalam tubuh.

  2. Perbaiki pola makan Anda, hendaknya terapkan pola makan yang sehat dan juga seimbang, seperti diantaranya adalah dengan menghindari makanan yang tinggi kadar lemaknya dan juga makanan yang banyak mengandung gula. Ini sangat berguna di dalam memperbaiki siklus menstruasi.

  3. Olahraga secara teratur, olahraga ini pada dasarnya memiliki dampak yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, melainkan juga ada manfaat lain yaitu untuk membantu dalam melancarkan haid, karena sistem hormonal nantinya juga akan diperbaiki menjadi seimbang kembali.

Hendaknya selama datang bulan berlangsung ini Anda juga menerapkan pola hidup yang sehat, ditambah lagi dengan selektif dalam memilih pembalut yang aman untuk digunakan. Pilihlah yang memang terbukti aman dan juga sudah teruji secara klinis layaknya Laurier. Cara memakai pembalut yang benar adalah dengan rutin menggantinya, sebaiknya juga jaga kebersihan vagina sehingga tidak memicu masalah kesehatan yang serius.