Wisata Pulau Papua Bikin Refesh Mata Melihat Indah Banget

Apabila Anda berpikir Indonesia tidak lebih hebat dari negara-negara di Eropa sana, cobalah berkunjung ke tanah Papua. Pulau paling timur Indonesia ini mempunyai segala keindahan alam yang tidak habis Anda jelajahi. Daratan serta alam bawah lautnya menjadi surga tersendiri bagi para pecinta wisata alam. Tidak hanya alamnya yang kaya, Papua juga menyimpan kearifan adat lokal yang tetap bersi kukuh di zaman serba modern ini. Menjelajahi Papua pastinya bakal menjadi suatu  pengalaman hebat yang dapat Anda ceritakan ke keluarga serta kawan.

Kunjungi Papua, jelalajahi kekayaan negeri sendiri. Apabila tetap bimbang harus ke mana selagi di sana nantinya, berikut rangkuman 10 tempat wisata di Papua yang harus dikunjungi:

1. Lembah Baliem

lembah_baliem

Lembah Baliem adalah tempat tinggal suku Sertai, Yali serta Lani yang terletak di kurang lebih Pegunungan Jayawijaya. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut membikin suhu di tempat ini dapat mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Di sini, Anda dapat menonton serta berinteraksi langsung dengan suku orisinil yang tetap memakai koteka bagi pria serta rok rumbai bagi perempuannya.

Di bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat wisata di Papua yang hebat tidak sedikit perhatian wisatawan. Selagi tiga hari diselenggarakan agenda tahunan yaitu Festival Lembah Baliem. Festival ini sebetulnya adalah tutorial pemerintah untuk menghilangkankan perang antar suku yang tidak jarang terjadi di sini. Perang antar suku sudah dilarang, sebagai gantinya diadakan festival ini yang merubah perang tersebut menjadi pertunjukan seni serta adat untuk mengajak wisatawan.

Dalam perang di festival ini, ada skenario yang dijalankan. Biasanya perang bakal diawali dengan penculikan perempuan salah satu suku alias pencurian babi yang menjadi fauna ternak di sini. Selanjutnya, perang bakal berjalan dengan diawali tarian suku serta diiringi musik tradisional. Tidak hanya perang, ada juga lomba karapan babi antar desa serta pesta babi bakar. Anda juga dapat membeli kerajinan tangan hasil karya suku setempat.

2. Danau Paniai
danau_paniai

Danau Paniai tidak kalah hebat dari Sertaau Sentani. Sertaau ini bahkan disebut sebagai sertaau terindah pada Konferensi Sertaau Se-Dunia di India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara. Sertaau ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar. Saat senja, pemandangan di tempat wisata ini sangat cantik. Anda dapat menonton siluet tebing-tebing, burung-burung berterbangan di atas sertaau ditambah perahu nelayan setempat yang mulai merapat pulang.

Di sini, Anda dapat memancing bersama perempuan-perempuan suku Mee serta Moni yang biasa dipanggil ‘mama’. Sertaau Paniai adalah salah satu penghasil ikan air tawar paling besar di Papua, tidak sedikit ikan yang Anda temukan di sini semacam ikan mas, ikan nila serta ikan mujair.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata di Papua ini lumayan lengkap mulai dari pos jaga, pemandu, sewa perahu serta alat pancing, hingga warung makan di kurang lebih sertaau. Apabila ingin menikmati keindahan Sertaau Paniai lebih lama, Anda dapat menginap di rumah warga.

3. Danau Sentani
danau_sentani

Danau dengan luas 9.360 hektar ini adalah sertaau paling besar di Papua. Terletak kurang lebih 50 km dari pusat kota Jayapura, Sertaau Sentani memperkenalkan keindahan luar biasa. Sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi sertaau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini.

Ada tidak sedikit kegiatan yang dapat Anda perbuat di sini mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di kurang lebih sertaau hingga menyewa perahu untuk berkeliling sertaau. Tidak hanya itu, ada 24 desa di kurang lebih tempat wisata ini yang dapat Anda kunjungi serta berinteraksi langsung dengan warganya. Pemandangan deretan rumah panggung dengan jaring ikan menjadi faktor yang wajar Anda saksikan di sini.

Yang hebat adalah adanya agenda tahunan yaitu Festival Sertaau Sentani yang biasa diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni. Saat festival berjalan, tempat wisata di Papua ini bakal penuh disesaki wisatawan yang ingin menyaksikan beberapa pertunjukan seni serta adat setempat. Tidak hanya menikmati pertunjukan selagi festival, Anda juga dapat memuaskan lidah serta perut dengan kuliner khas Papua yang tidak sedikit disaapabilan di sini.

4. Raja Ampat
raja_ampat

Siapa tidak mengetahui Raja Ampat? Salah satu tempat wisata di Papua ini keindahannya hebat perhatian wisatawan domestik serta mancanegara. Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta serta pulau-pulau kecil di kurang lebihnya.

Raja Ampat mempunyai biota laut yang beragam. Menurut laporan dari The Nature Conservancy, setidak sedikit 75% spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat. Selagi menyelam, Anda bakal dikawani kurang lebih 1.511 tipe ikan serta juga penyu laut. Mengasyikan, ya? Meskipun Anda leluasa menyelam kapan saja sepanjang tahun di sini, tetapi waktu paling baiknya adalah di bulan Oktober serta November. Di bulan-bulan ini, cuaca sedang keren serta air sangat jernih jadi jarak pandang saat menyelam sangat ideal.

Apabila tidak ingin menyelam, Anda tetap dapat menikmati keindahan Raja Ampat dengan meperbuat trekking di pulau-pulaunya. Takut tersesat? Tenang. Anda dapat memakai jasa pemandu di sini. Pemandu di tempat wisata ini adalah warga setempat yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan. Jangan lupa mengangkat buah pinang alias permen untuk diberbagi pada warga setempat. Buah pinang serta permen dianggap sebagai tanda persahabatan serta bakal membikin Anda lebih bersahabat dengan mereka.

Di sini, ada tidak sedikit suvenir yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh mulai dari patung suku Asmat hingga alat musik serta kain tradisional.

5. Taman Nasional Teluk Cenderawasih
taman_nasional_teluk_cenderawasih

Taman nasional dengan luas 1.453.500 hektar ini hampir 90% berupa perairan. Tidak mengherankan apabila Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih menjadi kawasan konservasi laut paling besar serta terluas di Indonesia. Di sini, tersedia 196 tipe moluska serta 209 tipe ikan yang dapat Anda saksikan di alam bawah lautnya. Tidak jarang kura-kura, penyu, hiu serta lumba-lumba juga ikut menemani Anda saat menyelam.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan. Tidak hanya menikmati alam bawah lautnya, Anda juga dapat menjelajahi pulau-pulaunya. Pulau Mioswaar, salah satu pulau di tempat wisata di Papua ini, mempunyai gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang yang pantas Anda kunjungi. Tidak hanya Pulau Mioswaar, tetap ada Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi serta pulau-pulau lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan.

Tempat wisata ini dengan cara administratif berada di dua kabupaten yaitu Wondama serta Nabire. Taman nasional ini juga menjadi pusat penelitian hiu paus alias whale shark yang diperbuat oleh pemerintah bekerjasama dengan LSM dalam serta luar negeri.

sumber: http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-papua-yang-wajib-dikunjungi/