Pengertian Emas 14 Karat, 18 Karat Hingga Emas 24 karat di Atas 1 Gram

Emas 24 karat di atas 1 gram, emas 14 karat, atau emas 18 karat, jelas memiliki nominal atau harga yang berbeda-beda di setiap tempatnya. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya seperti persaingan pasar global, anjloknya nilai tukar uang di dunia atau wilayah tertentu.

Bahkan hingga sedikitnya pemasokan barang yang tidak sebanding dengan permintaan pasar pun dapat mempengaruhi nilai dari harga emas ini. Tetapi, selain itu, kadar kemurnian emas pun sangat menentukan harga dari emas atau perhiasan tersebut. 

Kadar Kemurnian Emas di Beberapa Wilayah Indonesia
Di beberapa wilayah terdapat kadar emas yang murni dan memiliki nilai jual tinggi. Salah satunya adalah di Semar Nusantara. Salah satu toko emas di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini mampu menjual emas perhiasan dengan kadar kemurnian 50 persen. Bahkan di sini juga ada yang menjual emas dengan kadar kemurnian yang mencapai 75 persen.

Tetapi ada juga yang menjual emas murni dengan kadar emas dengan angka fantastis, yaitu 99,9 persen. Emas murnis seperti itu biasanya dibuat dalam bentuk emas batangan dan tak digunakan untuk perhiasan. 

Harga, Kualitas, dan Perbedaan dari Setiap Karat Emas
Perhiasan emas yang mempunyai kadar kemurnian antara 45 persen sampai 50 persen memiliki perpaduan yang sangat ideal, baik dalam segi harga maupun dalam segi kualitas.

Selain kadar karat sebanyak 45 persen, 50 persen atau 99,9 persen, dalam perdagangan emas juga ada yang dinamakan emas 14 karat, 18 karat hingga 24 karat. Emas 24 karat ini juga memiliki beberapa varian, diantaranya adalah emas 24 karat di bawah 1 gram dan emas 24 karat di atas 1 gram.

Emas 24 karat di atas 1 gram telah dianggap sebagai emas murni dengan kadar kemurnian nyaris sempurna mencapai 99,9 persen. Sedangkan untuk emas 15 karat, tingkat kemurniannya setara dengan emas yang memiliki kadar 62 persen.

Cara Menghitung Perbandingan Karat Emas
Cara menghitung perbandingan karat emas umumnya mudah, yaitu dengan cara 15 dibagi 24 yakni 0,625. Kemudian 0,625 dikali lagi dengan 100 untuk mengkonversikan angka ke persentase sampai hasilnya emas 15 karat. Yang artinya setara dengan 62,5 persen kandungan emas yang terdapat pada perhiasan tersebut.

Emas perhiasan 14 K atau 14 karat sama dengan kandungan emas 58 persen. Sedangkan untuk emas 18 karat ini telah memiliki kandungan emas yang tinggi, yaitu sebanyak 75 persen. Untuk emas 22 karat memiliki kandungan yang tinggi, yakni kandungan emas sekitar 91 persen. 

Semakin tinggi karatnya, maka kandungan emasnya juga semakin besar. Contohnya saja pada emas 22 karat tadi dengan emas 23 karat yang memiliki kandungan emas sebanyak 95 persen. Hal ini sudah berbeda lagi dengan emas yang kandungan emasnya sudah 99,9 persen dalam sebuah perhiasan. Baik itu perhiasan yang menggunakan emas 24 karat di atas 1 gram maupun emas 24 karat di bawah 1 gram. 

Hal tersebutlah yang membedakan harga jual emas selain beberapa faktor global lainnya. Emas 24 karat di atas 1 gram dengan emas lain tentu memiliki harga yang berbeda karena tingkat kemurniannya pun berbeda. Jadi, sebelum membeli pastikan untuk mengetahui dulu informasi di atas, agar investasi Anda pun lebih maksimal.